Masjid di Universitas Islam Internasional dibangun Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD — Presiden Universitas Islam Internasional Islamabad (IIUI), Hathal Homoud Alotaibi, mengatakan Raja Saudi telah memutuskan untuk membangun Masjid agung Raja Salman bin Abdul Aziz di Kampus baru universitas tersebut.

Dilansir di brecorder.com dalam sebuah wawancara dengan Saudi Press Agenc, dia berterima kasih kepada Raja Salman atas ketertarikannya dalam memenuhi kebutuhan infrastruktur IIUI dan juga memuji upaya berkelanjutan Arab Saudi dalam membangun masjid di seluruh dunia.

Ia mengatakan konsep desain tersebut terinspirasi dari ayat (35) surat An-Nur “Allah adalah Cahaya langit dan bumi”.

Lebih lanjut dia mengatakan, masjid akan memiliki kompleks yang sangat besar yang juga akan menjadi pusat penelitian untuk memfasilitasi para sarjana dan mahasiswa dan universitas untuk mengadakan dialog dan kesempatan belajar baik bagi mahasiswa maupun anggota fakultas. Presiden IIUI mengatakan masjid juga akan memenuhi kebutuhan warga universitas untuk sholat hingga ribuan orang.

Berbicara tentang desain, dia mengatakan model masjid yang diusulkan adalah representasi seni dan arsitektur Islam yang luar biasa serta konseptualisasinya dalam cahaya ayat Alquran akan membuatnya unik.

Hathal berpendapat bahwa pembangunan masjid akan menjadi tonggak pencapaian tujuan luhur universitas. Akan ada kapasitas yang cukup di aula dalam Masjid dimana sebanyak 4000 laki-laki dan 2000 perempuan akan salat, sementara halaman juga akan memiliki kapasitas untuk menampung 6000 orang.

Akan ada perpustakaan dan museum, sertq Auditorium Muhammad bin Salman untuk konferensi di Masjid.

Mengomentari pembangunan masjid agung tersebut, Duta Besar Arab Saudi untuk Pakistan, Nawaf saeed Al-Malki mengatakan, masjid adalah hadiah bagi umat Islam dari Raja Saudi dan itu akan menjadi tambahan berharga lainnya yang akan semakin memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara saudara Pakistan dan Arab Saudi.

Dia juga memuji jasa Raja Salman bin Abdul Aziz atas usahanya yang tak kenal lelah untuk kemajuan dunia muslim dan menginformasikan bahwa Masjid Raja Salman bin Abdul Aziz di IIU akan menjadi simbol komitmen Arab Saudi untuk mempromosikan pendidikan. Ia juga mengapresiasi jasa IIUI yang menambahkan bahwa IIUI merupakan salah satu lembaga vital dunia Islam.





Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *