Kaum sufi datang karena membawa misi Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ada beragam teori terkait masuknya agama Islam ke nusantara, seperti melalui perdagangan, dakwah, atau pernikahan. Ahli Kajian Persia Universitas Indonesia, Bastian Zulyeno mengatakan tidak semua para pedagang menyebarkan Islam.


Ada kelompok yang datang karena membawa misi Islam. Kelompok tersebut adalah kaum sufi.


Jika dilihat budaya Persia kental di Indonesia. Beberapa kosakata berasal dari bahasa Persia misalnya perniagaan, nakhoda, jangkar, dan nisan.


Bahkan ada sejumlah bukti di nisan tua kuno yang memang menunjukkan berasal dari mayoritas kaum sufi. Mulai dari ornamen hingga bentuk. Artinya, kaum sufi ikut andil dalam menyebarkan agama Islam dan bisa jadi yang paling berhasil.


“Mereka (kaum sufi) datang menyebarkan Islam dengan mendirikan perguruan sehingga murid dan pengikutnya banyak,” kata Bastian dalam gelar wicara “Riwayat Masuknya Islam ke Nusantara” di kanal Youtube Historia.ID.


Penelusuran jejak sufi ada pada Makam Sultan Malikussaleh di Aceh dan Makam Syekh Mahmud di Papan Tinggi Barus, Sumatra Utara. Di makam tersebut tertulis syair berbahasa Persia.


 





Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *