Paling tidak dibutuhkan waktu satu  minggu untuk recovery ke keadaan semula.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jakarta terkepung banjir sejak Sabtu (20/2) sampai Ahad (21/2). Salah satu lokasi langganan banjir di Jakarta adalah Jalan Tendean, Jakarta Selatan dan sekitarnya. Hal itu karena memang di wilayah ini terdapat Kali Mampang yang kerap meluap saat hujan deras dan lama.


Beberapa wilayah RT di sekitar Jalan Tendean terendam banjir dengan ketinggian sampai 2 meter. Walaupun pada hari Ahad (21/2) banjir sudah mulai surut, namun ancamana banjir masih mengintai daerah ini.


Terkait dengan musibah banjir di Jakarta tersebut, Badan Wakaf Alquran (BWA)  dengan Tim Gerak Cepat, tanpa menunggu lama, segera turun ke lokasi banjir. Mereka menyalurkan bantuan dari para donatur dan wakif. Kali ini dipilih daerah Tendean karena cukup dekat dengan kantor BWA.

Sebanyak 200 paket makan siap saji didistribusikan bersama warga setempat ke RT 11, 12 dan 14 RW 04 Kuningan Barat,  Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.


Bantuan diserahkan oleh Mufrodi sebagai perwakilan dari BWA dan diterima oleh FKDM RW 04 Kuningan Barat, Fauzan. Fauzan mengatakan ”Ahad Subuh ini banjir sudah mulai surut. Pukul 1.00 dini hari, air masih setinggi 2 meter, namun sebagian besar warga masih bertahan dikarenakan bingung untuk bergerak ke mana.  Mereka bisa bertahan di lokasi yang dekat namun tidak terdampak banjir. Saat ini RW 04 masih belum dapat menentukan apakah akan membuat dapur umum, dikarenakan hampir semua lokasi RW 04 adalah lokasi yang terendam banjir.”


Walaupun banjir sudah surut, terpantau banyak sampah, kerikil, batu, tanah akibat banjir ini dan harus segera dibersihkan.


Mufrodi mengatakan,  melihat situasi yang ada disana, paling tidak dibutuhkan waktu satu  minggu untuk recovery ke keadaan semula dengan asumsi tidak ada hujan lagi. “Untuk itu, insya Allah BWA akan mengajak donatur dan wakif untuk membantu warga sekitar sini dengan bantuan makanan siap saji atau bahan mentah paling tidak untuk 1 minggu awal sampai kondisi di sana kondusif dan warga hidup selayaknya lagi seperti sedia kala,” ujar Mufrodi dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Kali ini BWA akan fokus memberikan bantuan pada warga sekitar Jalan Tendean, sambil melakukan pantauan di beberapa titik Jadetabek, kami akan selalu mengajak para donatur dan wakif untuk terlibat langsung mau pun tidak langsung dalam membantu korban kebanjiran ini.


“BWA mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu proses pengadaan dan penyaluran bantuan kepada korban banjir, semoga amal baik ini mendapatkan ganjaran berlipat ganda,” tutup Mufrodi. 





Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *