Terdapat lima fakta di balik tingginya angka umat Islam di Eropa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Eropa memiliki populasi Muslim  minoritas dibandingkan benua lain. Hanya sekitar lima persen dari keseluruhan populasi di Eropa. 


Namun beberapa negaranya justru memiliki proporsi Muslim  lebih besar dibandingkan persentase keseluruhan. Terdapat lima fakta mengenai tingginya populasi Muslim  di Eropa, yaitu sebagai berikut:


Pertama, Prancis dan Jerman adalah negara dengan populasi Muslim  terbesar di Eropa. Negara di Eropa yang memililiki Muslim  terbesar di Eropa adalah Prancis dan Jerman. Pada 2016 Prancis memiliki 5,7 juta Muslim  sedangkan di Jerman terdapat Muslim  sebanyak lima juta jiwa.


Selain itu di Uni Eropa juga terdapat negara yang memiliki jumlah populasi Muslim  seperempat dari seluruh jumlah penduduknya. Muslim  di Siprus sebanyak 300 ribu orang dan yang terbanyak adalah orang siprus Turki. Mereka merupakan penduduk asli Siprus dan bukan migran.


Kedua, populasi Muslim Eropa terus meningkat. Dari pertengahan 2010 hingga pertengahan 2016 saja, persentase Muslim  meningkat satu persen. Dari 19,5 juta menjadi 25,8 juta jiwa. 


Pew research menganalisa pada 2050 bisa meningkat dua kali lipat. Faktor utama peningkatan Muslim  di Eropa adalah banyaknya migran yang datang. 


Meski nantinya izin masuknya migran ke Eropa dibatasi, populasi Muslim  tetap akan meningkat sekitar 7,4 persen. Ini karena Muslim  di Eropa masih berusia muda dan memiliki tingkat kesuburan yang tinggi.


 





Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *