Pejabat Harus Beri Contoh Menunaikan Kewajiban Agama

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Pengamat Ekonomi Syariah Institut Pertanian Bogor (IPB), Irfan Syauqi Beik berpandangan bahwa pejabat harus memberikan contoh dalam menunaikan kewajiban agama. Misalnya dalam melaksanakan zakat dan melakukan wakaf.

Ia juga mengapresiasi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang mendonasikan semua gajinya ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). “Saya sangat mengapresiasi yang dilakukan oleh Bang Sandi yang mendonasikan gajinya,” kata Irfan kepada Republika, Rabu (10/2).

Menurutnya, yang dilakukan Menparekraf adalah contoh. Tapi tentu donasi yang dilakukan sesuai dengan kemampuan masing-masing pejabat.

Meski demikian, Irfan berpandangan bahwa pejabat itu harus memberi contoh bahwa mereka memiliki komitmen untuk menunaikan kewajibannya terutama kewajiban agama. Sehingga kemudian bisa meyakinkan masyarakat bahwa meraka memang layak untuk diteladani.

“Jadi saya berharap mudah-mudahan ini (yang dilakukan Menparekraf) bisa jadi contoh yang baik dengan mendonasikan semua (gajinya),” ujarnya.

Irfan juga berharap apa yang dilakukan Menparekraf tidak hanya berhenti sebatas membayar zakat. Tapi juga bisa ikut mendorong pengebangan wakaf karena bagaimanapun zakat dan wakaf adalah sektor yang harus dikembangkan.

“Dan mudah-mudahan ini (zakat dan wakaf) bisa menjadi alternatif untuk kemudian kita memperkuat perekonomian dan bangsa,” jelasnya.

Sebelumnya, disampaikan Baznas telah menerima seluruh gaji Menparekraf. Ini bentuk komitmen dan kepedulian Sandiaga untuk menyerahkan seluruh gajinya sebagai menteri kepada para mustahik yang memerlukan bantuan di Indonesia.

Ketua Baznas, Prof KH Noor Achmad menyambut baik dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan Sandiaga. Menurutnya, hal ini merupakan bentuk kepedulian dari Sandiaga kepada mustahik dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19 serta bencana yang terjadi di Indonesia.





Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *