Keterampilan kepenulisan sangat diperlukan, khususnya bagi generasi muda. 

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG — Dalam upaya menumbuhkan semangat menulis bagi generasi muda di Jawa Timur (Jatim), Pemuda Hidayatullah (Pemhida) Jatim menyelenggarakan seminar literasi.


Acara yang mengangkat tema ‘Jawa Timur Melek Literasi’ itu,  diselenggarakan  pada hari Jumat (5/2)   bertempat di Pusdiklat Hidayatullah Batu, Malang, Jawa Timur. Kegiatan itu dihadiri oleh seluruh pengurus inti  daerah Pemuda Hidayatullah Jawa Timur, dan merupakan rangkaian acara rapat kerja wilayah (Rakerwil) Pemuda Hidayatullah Jawa Timur.


Hadir sebagai pembicara Robinsah, kepala Bagian Pusat Pengembangan Wawasan (Puspenwas) Pemuda Hidayatullah, Jawa Timur. Dalam paparannya,  bang Robin — begitu sapaan akrabnya —  menjelaskan tentang pentingnya menguasai keterampilan kepenulisan, khususnya bagi generasi muda. 


“Dalam kondisi perkembangan tekhnologi informasi yang sangat pesat seperti saat ini, pemuda Hidayatullah Jatim harus mengambil bagian, agar berita yang berseliweran tidak dimonopoli oleh isu-isu yang bermuatan negatif atau menyesatkan,” gugah wartawan majalah Mulia itu dalam rilis yang diterima Republika.co.id. 


Selain itu, sambungnya, tujuan dari menguasai ketrampilan tulis-menulis, agar setiap program Pemuda Hidayatullah Jatim bisa tersyiarkan ke khalayak, supaya lebih luas jangkauan manfaatnya. 


“Program-program positif yang telah dilakukan, perlu disyiarkan melalui media-media, agar mampu menginspirasi yang lain. Ini tujuan utama menguasai ketrampilan  literasi. Untuk menyebarkan kebaikan bagi khalayak,” imbuh pemilik nama pena Khairul Hibri ini. 


Selain memberikan spirit kepenulisan, Robinsah juga memberikan bimbingan praktis dalam membuat berita bagi para peserta. 


Para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan. Acara yang diselenggarakan tepat pukul 20.00 WIB, diakhiri pada pukul 22.00 WIB, dengan mengumpulkan tugas membuat berita secara kelompok.  


“Seminar ini sangat bermanfaat, dan sangat menuntun kami dalam membuat liputan acara di daerah masing-masing, yang kelak akan dikirim ke media-media,” ungkap Fahrul, pengurus Pemuda Hidayatullah, Jember.





Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *