Jumlah hewan qurban yang disebar sebanyak 107 ekor sapi dan 162 ekor domba-kambing

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Hari raya Idul Adha 1442 Hijriyah bertepatan dengan tahun 2021, untuk kedua kali di masa pandemi, Bakrie Amanah kembali melakukan program Qurban untuk Negeri. Program ini meliputi tebar qurban, yaitu pemotongan hewan qurban yang disebar di beberapa titik di Indonesia dan program pengalengan.


Semua kegiatan pemotongan dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan. Sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh kementerian agama, Bakrie Amanah mematuhi segala ketentuan yang telah ditetapkan. Sebagaimana diungkapkan oleh Ketua Panitia Qurban Bakrie Amanah, Edo Hendra Kusuma bahwa dalam kondisi pandemi ini Bakrie Amanah menjalankan program tebar hewan qurban dengan penerapan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.


“Untuk penyembelihan di Jakarta dipusatkan di Masjid Al Bakrie yang dilakukan secara bertahap selama dua hari dengan maksimal panitia sebanyak 20 orang, dengan pengaturan jarak mulai dari tahapan penyembelihan, pengulitan, pencacahan dan pembungkusan. InsyaAllah semuanya akan berjalan sesuai protokol kesehatan, oleh karena itu agenda dilakukan selama dua hari, yaitu pada hari Tasyrik pertama dan kedua agar bisa menyesuaikan dengan kesanggupan dari tim panitia yang jumlahnya tidak sebanyak di masa normal,” ungkap Edo, dalam siaran pers, Rabu (21/7).

 


Dijelaskan bahwa di tahun ini, progran tebar qurban Bakrie Amanah mengalami peningkatan baik dari aspek penghimpunan hewan ataupun jangkan distribusi. “Hingga saat ini (21/7), terhitung jumlah hewan yang dikonsolidasikan Bakrie Amanah sebanyak 107 ekor sapi dan 162 ekor domba dan kambing dengan target penerima manfaat sebanyak 65.757 jiwa, di 12 Provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Bandar Lampung, dan Sumatera Utara,” jelasnya.


Pihaknya juga mengatakan bahwa selama kegiatan penyembelihan di setiap titik khususnya di Jakarta, telah mendapatkan izin kegiatan dari kepolisian setempat dan akan dipantau langsung oleh tim satgas Covid-19. “Kami ucapkan banyak terima kasih kepada para shohibul qurban yang telah menitipkan pemotongan berikut penyebaran daging qurban melalui Bakrie Amanah, termasuk berapa perusahaan dan DKM di lingkungan Kelompok Bakrie yang telah ikut serta dalam menyukseskan Program Qurban Untuk Negeri,” ungkapnya.


Beberapa perusahaan yang telah bergabung dalam Program Qurban Untuk Negeri adalah PT Bakrie & Brothers, PT Energi Mega Persada, Yahukimo Bersatu Indonesia, PT Provices Group, PT Bumi Resources Minerals, PT Darmahenwa, PT Cakrawala Langit Sejahtera, PT Dire Pratama, PT Minarak Brantas Gas Inc, PT Braja Mukti Cakra, PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV), PT Lativi Media Karya (TVOne), PT Bakrie Sumatera Plantations, PT Kaltim Prima Coal, PT Multi Kontrol Nusantara dan PT Bakrie Pipe Industries. DKM Masjid yang terlibat dalam kegiatan ini meliputi DKM Masjid Al Bakrie, Burj AlBakrie, Roosniah Al-Ahmad, Ahmad Bakrie dan Al-Oesman di Lampung, Masjid Nurul Yakin dan Masjid Agung H. Achmad Bakrie di Kisaran, Sumatera Utara.





Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *