Belajar menggunakan kamus mempunyai manfaat bagi kecerdasan dan memori otak

REPUBLIKA.CO.ID, KENDAL — Hujan lebat yang mengguyur daerah Kendal dan sekitarnya tidak terkecuali desa di Desa Berdaya Manggungsari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah tidak menyurutkan semangat anak-anak peserta bimbel Bahasa Inggris di Rumah Belajar “Anak Juara” untuk mengikuti pembelajaran.
Aktivitas yang sudah terjadwal setiap hari Sabtu dan Ahad mendapatkan support dari UPZ Permata Bank Syariah ini menjadi salah satu kegiatan yang dinanti oleh anak-anak.


Hal itu karena pembelajaran yang menggunakan metode listening dan praktek langsung conversation merupakan pembelajaran yang disukai dan diminati oleh anak-anak peserta bimbel.


Dengan memanfaatkan kamus Bahasa Inggris sebagai fasilitas yang diberikan oleh Rumah Zakat dan UPZ Permatabank Syariah, peserta didik diajari bagaimana cara menggunakan kamus tersebut. Selain itu anak-anak juga diajak bermain merangkai huruf membentu satu kata dalam bahasa inggris.


Seperti yang disampaikan Fasiltator desa berdaya Manggungsari Wartono. Dirinya mengatakan bahwa anak-anak sangat menikmati pembelajaran yang disampaikan oleh para pembimbing.


”Anak-anak begitu menikmati pembelajaran, tak terlihat ada yang jenuh semua kelihatan gembira. Berkat support dari UPZ PermataBank Syariah, kegiatan bimbel ini bisa menghadirkan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak ditengah-tengah masyarakat,” ucapnya.


Pengalaman baru untuk belajar menggunakan kamus bertujuan agar peserta didik tidak hanya dapat menggunakan kamus elektronik, namun juga dapat menggunakan kamus manual, sehingga dapat membantu mereka dalam belajar bahasa Inggris. Belajar menggunakan kamus ini juga mempunyai manfaat bagi kecerdasan dan memori otak.


“Meskipun saat ini sudah ada aplikasi translate, namun kehadiran kamus tetap dibutuhkan. Ketika menggunakan kamus untuk mencari sebuah kata, banyak manfaat yang didapat, seperti menambah perbendaharaan kata, mengasah kemampuan membaca cepat, meningkatkan daya ingat dan menguji ketelitian,” kata Atul, salah seorang pembimbing ketika ditanya alasannya tentang belajar menggunakan kamus.


Kehadiran kamus-kamus ini memang sangat bermanfaat untuk keberlangsungan kegiatan pembelajaran. Dengan adanya kamus, peserta didik tidak lagi tergantung kepada kosa kata yang hanya diberikan oleh pembimbing, tapi mereka dapat menambah perbendaharaan kata mereka melalui kamus-kamus tersebut.





Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *