Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi mitigasi kebencanaan DMC DD

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Dalam menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2021, Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menyajikan seni mural di dinding-dinding kota Jakarta. Bersama dengan komunitas Kampung Kreatif Bantaran Kali Ciliwung (Bacili), mereka memulai lukis dinding kota dimulai semenjak Senin (12/4) lalu. 


Pada Rabu pagi (28/4), Kampung Kreatif Bacili kembali mewarnai di titik kedua dinding kota lain. Adapun titik persebaran mural tersebut berada di Jl.Abdullah Syafei No.28 dan Jalan Kebayoran Baru Timur  di Kebayoran Baru, Kecamatan Tebat.


“Rencananya total akan menyasar tiga titik rawan banjir di Jakarta”, imbuh Ahmad Lukman selaku Manager Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DMC Dompet Dhuafa .


Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi mitigasi kebencanaan yang digagas DMC Dompet Dhuafa. Berbeda dengan pendekatan sebelumnya, DMC Dompet Dhuafa menggunakan pendekatan seni budaya sebagai sarana mitigasi. “Berbeda dengan pendekatan program yang lain. Menggunakan seni budaya sebagai upaya Pendidikan”, tambahnya.


Selain mitigasi bencana, mural ini memuat gambar akan pesan untuk cinta lingkungan dan selalu serta menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.“Di titik yang kedua ini rencananya akan memuat pesan menjaga lingkungan laut”,ucap ame  salah satu anggota  Kampung Kreatif Bacili.


Melalui kegiatan ini juga  untuk mendorong produktivitas dan kreativitas masyarakat. Sehingga tidak hanya aspek pendidikan saja yang menjadi fokus program ini, aspek pemberdayaan juga menjadi salah satu perhatian DMC Dompet Dhuafa.


 





Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *