Zakat di Amerika serikat sempat dicitrakan sebagai bagian teroris

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Awalnya citra zakat, infak, dan sedekah di Amerika Serikat buruk dan dikaitkan dengan teroris. Sekarang citranya semakin baik dan banyak berkontribusi terhadap masyarakat Amerika Serikat.


Associate Professor University of California Riverside, Prof Muhamad Ali, mengatakan kalau bicara tentang Islam di Amerika Serikat dan di Barat secara umum, citra negatifnya masih cukup kuat dan zakat salah satunya. Biasanya zakat atau yang dikenal sebagai charity sering dihubungkan dengan teroris terutama setelah peristiwa 11 September. 


“Jadi ada beberapa yayasan di Amerika yang dianggap dan dituduh ikut terlibat dalam membiayai teroris di luar negeri,” kata Prof Ali saat Webinar Jurnalisme Zakat bertema Zakat dan Jurnalisme: Ujian Pandemi dan Tantangan Era Digital yang diselenggarakan Baznas pada Rabu (27/1). 


Dia menerangkan, citra negatif ini terjadi sejak 2001. Sampai harus dibuktikan apakah lembaga charity milik Muslim di Amerika Serikat tidak terlibat dalam membiayai gerakan-gerakan yang dianggap sebagai musuh Amerika Serikat.


 


 





Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *