Para Kiai NU mendorong dan mengajak UAS untuk membangun kembali ukhuwah Islamiyah

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Dai asal Riau, Ustaz Abdul Somad (UAS) bersilaturrahim ke para kiai Nahdlatul Ulama (NU) di kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Surabaya, Selasa (23/2). Dalam pertemuan tertutup tersebut, para Kiai NU pun mendorong dan mengajak UAS untuk membangun kembali ukhuwah Islamiyah.

Wakil Sekretaris PWNU Jawa Timur, KH Syukron Dosi mengatakan, UAS bersilaturrahim ke PWNU Jatim setelah diajak oleh Pengasuh pondok pesantren (ponpes) Bumi Sholawat Tulangan Sidoarjo, KH Agoes Ali Mashuri. Pertemuan pun akhirnya berlangsung setelah puluhan kiai dan ulama Jawa Timur mengikuti program vaksinasi Covid-19 di kantor PWNU.

“Kemarin silaturrahim dan guyon-guyon saja di ruangan media center PWNU. Kehadiran UAS karena diminta Kiai Agoes Ali Masyhuri, yang kebetulan sedang di PWNU bersama para kiai sepuh lainnya untuk mengikuti vaksinasi kiai dan tokoh NU,” ujar Kiai Syukron saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (24/2).

Menurut dia, dalam pertemuan tersebut para kiai NU mendorong kepada UAS untuk membangun kembali persauadaraan antar sesama umat Islam di Indonesia.

“Dalam pertemuan singkat dan tertutup, kiai-kiai NU di Jatim mendorong agar terbangun kembali persatuan umat (ukhuwah Islamiyah) dalam wadah bersama Aswaja An-nahdliyyah. Selebihnya guyon-guyon khas kiai-kiai NU,” ucapnya.

Kiai Syukron menambahkan, sebelum pulang UAS juga mendapatkan pesan khusus dari Kiai Agoes Ali Masyhuri. Kai Agoes Ali mengatakan kepada UAS bahwa sudah saatnya ulama bersatu dan bergerak bersama untuk membangun kemandirian umat.

“Sebelum pamit, UAS minta didoakan dan ditiup ubun-ubunnya oleh Kiai Anwar Manshur dan Kiai Agoes Ali Masyhuri,” kata Kiai Syukron.





Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *