Sumatra Selatan mempunyai ribuan rumah tahfiz Alquran di banyak wilayah

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG— Sumatra Selatan memiliki setidaknya 3.500 rumah tahfiz yang tersebar secara merata di 17 kabupaten/kota melalui program yang dilakukan pemerintah daerah setempat “Satu Desa, Satu Rumah Tahfiz”.


Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru, di Palembang, Sabtu (3)/1), mengatakan program yang sudah berjalan sejak dua tahun lalu terbilang sudah merata, karena sebanding dengan jumlah desa dan kelurahan di 17 Kabupaten/kota di Sumsel.


Walau demikian, Pemprov Sumsel terus berupaya melakukan penambahan seperti yang dilakukan di Kabupaten Banyuasin. Belum lama ini didirikan Rumah Tahfiz Al-Fath di Kompleks Griya Dita Kelurahan Mariana, Kecamatan Banyuasin I.


“Saya ingin keberadaan rumah tahfiz ini menjadi wadah syiar Islam dan yang paling penting karena ini dibangun dari swadaya masyarakat. Buatlah masyarakat percaya untuk menitipkan anak mereka untuk dididik ditempat ini,” kata dia.


Untuk itu, para pengurus rumah tahfiz harus optimal dalam penggunaan metode menghafal Alquran agar santri bisa menghafal dengan cepat.


Pembina Majelis Al-Fath Majelis Nurul Jannah, Ustadz Muhammad Fatham Mubina mengatakan rumah Tahfiz Al-Fath yang dibangun tersebut merupakan hasil swadaya dan bantuan para donatur serta masyarakat sekitar.


“Alhamdulillah, dalam kurun waktu 10 bulan rumah tahfiz ini dibentuk sudah ada santri kita yang hafal Alquran antara 1 hingga 4 juz,” kata dia.  


 

sumber : Antara





Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *