Sebelum berbicara di depan umum hendaknya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–BAZNAS Microfinance Desa mengadakan Tadarus Mikro dengan tema Public Speaking, pada Rabu (10/2). Tadarus mikro ini merupakan agenda sharing sesion rutin BMFi yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas diri Tim BMFi dan pengelola BAZNAS Microfinance Desa (BMD) se-Indonesia.


Pemateri pada Tadarus Mikro kali ini adalah Mukhamad Kuncahyo seorang Master Trainer, Motivational Speaker and Career Development Coach yang sudah berpengalaman di lebih dari 500 trainer dan Workshop. Selain seorang trainer beliau saat ini juga telah menerbitkan lima buku.


Pada pemaparannya beliau menyampaikan kunci bagaimana public speaking yang baik. Beliau menjelaskan bahwa sebelum berbicara di depan umum hendaknya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, di antaranya mental, materi, membaca, membuat poin yang akan disampaikan dan juga kesiapan fisik agar menimbulkan kesan yang menarik saat di depan umum.


Beliau juga menyampaikan selain materi yang baik, sebagai pembicara juga harus membangun engagement dengan audience agar materi yang kita sampaikan akan diterima baik oleh pendengar. “Kita perlu mengenal tipe audience kita agar pesan yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik,” ujar Makhmud seperti dikutip laman resmi Baznas, Kamis (11/2).


Tadarus mikro merupakan agenda rutin yang akan dilaksanakan setiap hari Rabu pukul 08.30-selesai. Selama pandemi Covid-19 Tadarus mikro dilaksanakan secara online melalui kanal Zoom Meeting.





Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *