Vaksinasi Covid-19 Masjid London Timur Jadi Percontohan

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON—Klinik vaksinasi Covid-19, dijalankan oleh dokter setempat, telah didirikan di Masjid London Timur. AT Medics, adalah kemitraan lokal antara dokter dari Pusat Kesehatan Whitechapel, Masjid London Timur. Klinik percontohan ini merupakan upaya lanjutan untuk mendorong penduduk yang memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin. Mereka yang divaksinasi termasuk dalam empat kelompok prioritas pertama sebagaimana ditetapkan dalam pedoman nasional.  


Mereka, yang akan melakukan vaksinasi, memiliki janji temu yang dibuat melalui saluran bantuan vaksinasi dari dewan masjid. Saluran bantuan ini juga akan menjawab pertanyaan penduduk seputar vaksin dan menjelaskan syarat vaksinasi bagi masyarakat yang belum menerima tawaran vaksinasi.


AT Medics telah memvaksinasi ribuan pasien di Cable Street Surgery lokal dalam dua minggu terakhir. Mereka berpengalaman dalam menyiapkan layanan vaksinasi yang efektif dengan cepat dan mempekerjakan staf dwibahasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Tower Hamlets.


Mitra bekerja sama untuk memberikan fakta tentang vaksin untuk membangun kepercayaan dalam komunitas kami menjelaskan bahwa itu aman dan efektif, tidak mengandung zat hewani atau telur, dan menegaskan bahwa itu vegan, halal dan ramah kosher. Mereka juga menjelaskan bahwa vaksin itu adalah bentuk perlindungan terbaik dari Covid-19 dan kesempatan terbaik untuk kembali ke cara hidup normal.


Ratusan pria dan wanita yang memenuhi syarat divaksinasi dalam uji coba pada Sabtu (6/2) di London Muslim Centre yang merupakan bagian dari Masjid London Timur di Whitechapel. Klinik percontohan ini dapat direplikasi di tempat lain agar vaksinasi dapat dengan mudah diakses oleh komunitas London, dalam program vaksinasi terbesar dalam sejarah NHS.


John Biggs, Walikota Tower Hamlets, mengatakan, “Mendapatkan vaksinasi sangat penting untuk menjaga komunitas kita aman dari Covid-19. Dengan informasi yang salah tentang vaksin akan berdampak buruk kedepannya, maka inisiatif akar rumput seperti inilah yang akan membantu membangun kepercayaan dan mengurangi keraguan vaksin.”


“Saya ingin berterima kasih kepada Masjid London Timur, dokter setempat, dan staf dewan kami atas pekerjaan yang mereka lakukan hari ini. Saya berharap melihat teman dan tetangga mendapatkan vaksinasi membantu mendorong lebih banyak orang untuk mendapatkan suntikan segera setelah mereka memenuhi syarat. Ini aman dan akan menyelamatkan nyawa,” ujarnya yang dikutip di Tower Hamlets, Ahad (7/2).


Omar Din, Chief Executive Officer AT Medics, mengatakan, “Kami merasa terhormat dapat bermitra dengan Masjid London Timur untuk memberikan vaksinasi kepada masyarakat. Sebagai dokter umum setempat, kami sangat dekat dengan tantangan dalam mengambil vaksinasi pasien di Tower Hamlets, dan meskipun kami telah memvaksinasi lebih dari 6.000 orang lokal dalam dua minggu terakhir, kami berharap inisiatif ini akan mendorong lebih banyak pasien untuk datang.”


Dilowar Hussein Khan, Direktur di Masjid London Timur dan Pusat Muslim London, mengatakan, “Dalam konsultasi dengan ulama Islam dan profesional medis, kami sangat yakin bahwa vaksinasi adalah cara terbaik untuk memerangi pandemi dan kembali ke cara hidup normal kami.


Dalam Islam, pelestarian kehidupan adalah yang paling penting, jadi kami ingin melakukan bagian kami untuk meyakinkan mereka yang ragu tentang vaksinasi. Kami mendukung NHS, AT Medics dan Tower Hamlets Council dalam kemitraan ini untuk membantu komunitas kami.”


Selina Douglas, Managing Director Newham, Tower Hamlets dan CCG Waltham Forest, mengatakan, “Kami senang bahwa komunitas kami dengan sepenuh hati mendukung program vaksinasi dalam inisiatif seperti sesi ini di Masjid London Timur, dan kami bekerja dengan kelompok lain untuk melakukan hal yang sama.”


“Kami mendorong semua orang untuk melakukan suntikan saat ditawarkan, tetapi harap terus ikuti pedoman pemerintah untuk mengurangi penularan dan membantu menyelamatkan lebih banyak nyawa,” ujarnya menambahkan.





Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *