Lomba adzan virtual semarakkan idul adha.

REPUBLIKA.CO.ID,AGAM–Warga Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, di Provinsi Sumatra Barat memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2020 M dengan menggelar lomba adzan secara virtual. Ketua Gempar Kecamatan Matur, Melvi Wardi, mengatakan perlombaan azan ini bertujuan untuk menjaring calon muadzin masa depan yang diikuti seluruh pelajar SD dan SMP se-Kecamatan Matur.

Melvi menyebut kegiatan ini sudah berlangsung sejak bulan lalu. Acara puncak yakni berupa penyerahan hadiah kepada muadzin terbaik dilakukan pada saat perayaan hari Idul Adha.

Melvi menyebut lomba adzan ini juga bertujuan memotivasi generasi muda dan melahirkan calon muadzin terbaik di masa mendatang.

“Kegiatan ini dibuka selama 1 bulan yang dilakukan secara online, peserta yang terdiri dari pelajar SD dan SMP dengan mengirimkan video sedang adzan,” kata Melvi, Rabu (21/7).

Melvi menyebut pihaknya melibatkan juri pakar di bidang tajwid dan irama dari luar daerah. Seluruhnya dinilai dengan objektif dan sesuai kemampuan peserta.

Juri yang dilibatkan berasal dari dari Batusangkar. Setelah nilai keluar,  pemenang diumumkan 1 hari menjelang Idul Adha dan penyerahan dilakukan pada saat Idul Adha.

Bagi peserta dengan nilai tertinggi 1, 2 dan 3 akan diberikan hadiah berupa trofi dan uang pembinaan.

“Untuk juara 1 kita berikan uang pembinaan sebesar Rp 1 juta, juara 2 Rp 750 ribu dan juara 3 sebesar Rp 500 ribu,” ucap Melvi.

Ia menambahkan ide kegiatan lomba adzan secara online ini dilakukan mengingat kondisi covid-19 yang masih melanda Kabupaten Agam. Sehingga tidak memungkinkan untuk dilaksanakan secara langsung.

Dalam melaksanakan kegiatan ini pihaknya bekerja sama dengan Ketua DPRD Agam, Sekolah Islam Al-Azhar Bukittinggi dan Payakumbuh, Lawang Park serta DHN Advertising Pekanbaru.





Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *